Facebook merupakan suatu layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Sampai September 2012, Facebook mempunyai lebih dari satu miliyar pengguna aktif, lebih dari setengahnya memakai telepon genggam. Media sosial ini telah sangat sering di dengar semenjak dahulu sebelum pertumbuhan social media tidak sepesat sekarang. Sehabis berakhirnya masa keemasan Friendster di Indonesia Facebook seolah timbul dengan wajah baru yang menawan pengguna Indonesia sampai bisa populer dengan cepat. Facebook ialah symbol dini superiorisme media sosial di dunia. Oleh karena, itu sangat di sayangkan bagi setiap orang yang belum mengetahui manfaat – manfaat dari facebook bagi pelaku usaha padahal sekarang facebook memiliki segudang fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memperluas jaringan pemasaran produk. Berikut ini alasan harus menggunakan facebook dalam dunia marketing:
Facebook jejaring sosial yang sudah viral
Facebook yang sudah di kenal banyak orang cenderung mampu menjadi kemudahan terhadap pelaku usaha karena ketika menyebarkan suatu tautan, data, informasi, fakta, berita, ataupun promosi produk maka akan mudah menyebar dan dapat dilihat dengan cepat oleh pengguna facebook yang lain.
Objek pemasaran yang luas
Informasi dari APJII membuktikan kalau 54% pemakai social media Facebook masih superior pada tingkatan paling banyak. Hal tersebut menjadi peluang bagi para pelaku pasar global karna banyaknya pengguna sehingga kesempatan yang akan didapat dalam menjaring konsumen untuk bisa membeli produk ataupun layanan yang kita tawarkan berpeluang besar.
Fasilitas Memadai Untuk Pemasaran dan Analisis Pemasaran
Fasilitas tersebut seperti Facebook Account untuk berkomunikasi door to door untuk mempromosikan produk kalian, Facebook Fanpage untuk promosi bersifat massive (besar) dengan dibuatnya suatu laman fanpage maka akan mempermudah dalam menyebarkan informasi produk, Facebook Group untuk privasi hubungan anda dengan reseller jika anda ingin menerapkan metode seperti itu sehingga komunikasi menjadi lebih intens. Selain dari fasilitas tersebut dalam hal pemasaran facebook juga memiliki fitur (similar page) untuk menganalisis siapa pesaing kita dan siapa target potensial konsumen kita artinya dengan adanya kemudahan tersebut maka kita akan mampu memberi keputusan untuk berinovasi dengan pesaing.
Interests liked dan Insights
Fitur Interests Liked berfungsi untuk Kita bisa mengetahui siapa saja yang memiliki ketertarikan terhadap sesuatu produk di bidang tertentu. Hal tersebut menjadi sangat menolong pelakon usaha untuk bisa mengidentifikasi sasaran potensial mereka. Kemudian, Fitur Insight sendiri berfungsi untuk mempermudah dalam menganalisa traffic pengunjung yang sering online dan Post mana yang mendapatkan paling banyak reach dan engagementnya.