
Media sosial sendiri merupakan media untuk bersosialisasi yang dilakukan secara online tanpa batas ruang dan waktu. Di era sekarang sudah sangat media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, telegram, line, dan lain-lainnya. Hal ini bisa menjadi suatu peluang yang sangat menguntungkan artinya media sosial memiliki manfaat yang sangat banyak seperti ketika anda memiliki suatu website untuk meningkatkan pengunjung ke website bisnis anda maka diperlukan suatu media untuk memperkenalkan tentang website anda seperti media sosial.
Alasan Menggunakan Media Sosial Untuk Bisnis ?
Bagi seorang pebisnis media sosial merupakan tools yang wajib digunakan/dimiliki lantaran pengguna media sosial di indonesia atau bahkan dunia sangatlah banyak.
Mengutip dari Niagahoster.co.id, bahwa menurut data yang dirilis We Are Social, penggunanya di indonesia mencapai 130 juta orang dan waktu yang dihabiskan di jejaring sosial perharinya adalah 3 jam 23 menit. Tentunya anda tidak mau melewatkan kesempatan besar untuk mendapatkan konsumen melalui jejaring sosial yang potensial.
Namun, dengan banyaknya jumlah pengguna media sosial anda tidak boleh asal-asalan dalam memanfaatkan media sosial. Tetapi anda harus memiliki strategi komunikasi yang matang agar pasar di jejaring sosial tergarap dengan efektif dan efisien.
Apa Hal – Hal Yang Wajib Dilakukan Untuk Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Bisnis ?
Oke, penulis akan memberitahukan beberapa hal yang harus dilakukan agar media sosial bisnis anda memberi hasil optimal dan membuat produk anda semakin dikenal
- Perencanaan
Memang secara umum media sosial mudah sekali digunakan. Namun, dalam melakukan suatu bisnis butuh suatu perancangan tidak asal memposting. Biasanya metode yang digunakan yaitu “SMART”. SMART disini berarti Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely. - Tentukan Platform Media Sosial
Platform media sosial yang digunakan juga sangat berpengaruh dalam hal pemasaran. Namun, agar konten bisa menjangkau target audiens sesuai dengan bisnis anda maka diperlukan analisis terhadap hal ini dikarenakan tidak semua orang bisa online melalui platform berbeda secara bersamaan dalam satu waktu meskin semua platform media sosial sangat berpotensi. - Mengenali Audiens
Salah satu keunggulan menggunakan media sosial untuk bisnis, anda dapat meraih microtarget target audiens. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis data audiens yang sudah dimiliki terhadap beberapa platform sekaligus. Hal ini akan sangat menentukan untuk anda melakukan suatu pemasaran ke depan karena sudah mengetahui platform mana yang menjaring lebih banyak pelanggan sehingga ada dapat fokus di salah satu platform. - Perluas Jangkauan Audiens
Setelah mengetahui siapa audiens anda maka langkah selanjutnya adalah meninjau kembali perencanaan promosi di media sosial anda. Buatlah secara merinci konten seperti apa yang baik untuk diangkat, pesan yang ingin disampaikan dan bagaimana produk anda bisa menjadi solusi untuk kebutuhan audiens. Kemudian, jika diperlukan buatlah rencana jangka panjang sehingga dalam penerapannya anda tinggal mengembangkan dan mewujudkan rencana tersebut menjadi nyata. - Membangun Hubungan Solid
Sama seperti membangun hubungan baik dengan manusia maka membangun hubungan baik antara brand dengan pelanggan pun perlu diperlukan. Hubungan yang baik akan memungkinkan anda melakukan promosi dengan lebih masif, sekaligus mendapatkan respon dalam bentuk transaksi pembelian. Kemudian, cara membangun hubungan yang solid bisa dengan cara membuat konten-konten organik dengan storytelling yang tepat, serta mampu mengangkat kehidupan sehari-hari yang banyak di alami orang. Lalu jangan lupa, anda harus aktif membalas setiap respon dari audiens seperti komentar, memberi like. membagikan ulang konten review dari pelanggan. - Membagikan Visual yang Menarik
Pembuatan konten yang menarik akan membuat audiens untuk mengikuti, menyukai, berkomentar, dan akhirnya membeli produk.
Oleh Irfan Mulyana Abdillah