Kode | Mata Kuliah | Deskripsi | Teori | Praktikum | |
---|---|---|---|---|---|
UAKXACB2 - UAKXGCB2 | Agama | MKWK | - | 2 | 0 |
CCK1ADB2 | Pembentukan Karakter | MKWU | - | 2 | 0 |
CCK1BAB3 | Kalkulus | MKWP | 3 | 0 | |
CCK1CAB3 | Logika Matematika | MKWP | 3 | 0 | |
CCK1DAB4 | Algoritma Pemrograman | MKWP | 3 | 1 | |
CCK1EAB3 | Manajemen Proses Bisnis | MKWP - SUPPORT | 3 | 0 | |
CCK1FAB2 | Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak | MKWP - CORE | 2 | 0 | |
Total SKS Semester | 19 |
Mata kuliah ini memberikan fondasi matematika untuk mahasiswa dalam membentuk pola pikir logis, kritis dan sistematis untuk menyelesaikan beragam masalah pada ranah Rekayasa Perangkat Lunak dengan konsep kalkulus. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan tentang konsep matematika dengan proses limit yang meliputi sistem bilangan real, fungsi real, kekontinuan fungsi, turunan, penerapan turunan, integral, dan penerapan integral. Konsep disampaikan melalui definisi, sifat-sifat dan teorema, perhitungan, interpretasi dan penerapannya pada penyelesaian suatu masalah.
Perkuliahan Logika Matematika memberikan paparan rinci mengenai logika matematika untuk ilmu komputer. Ada lima topik utama pada kuliah ini, yaitu: logika proposisi, logika predikat orde pertama, metode pembuktian matematis, induksi matematika, dan teori himpunan elementer. Topik-topik ini dikelompokkan ke dalam empat capaian pembelajaran (Course Learning Outcome, CLO), yaitu: CLO 1 (logika proposisi), CLO 2 (logika predikat orde pertama), CLO 3 (metode pembuktian matematis dan induksi matematika), dan CLO 4 (teori himpunan elementer). Materi terkait logika proposisi meliputi: nilai kebenaran dari formula proposisional, konversi dari bahasa alami ke formula proposisional, dan inferensi untuk kalkulus proposisi. Untuk topik logika predikat, materi yang dibahas adalah: interpretasi dan nilai kebenaran formula predikat sederhana, konversi dari bahasa alami ke formula predikat, inferensi untuk kalkulus predikat, dan pengenalan Prolog sebagai bahasa deklaratif berbasis logika. Mahasiswa juga akan mempelajari metode pembuktian elementer dan dua tipe induksi matematika (induksi matematika biasa dan induksi kuat). Topik terakhir adalah teori himpunan elementer, yang meliputi definisi dan notasi himpunan, relasi elementer antar himpunan, dasar-dasar operasi himpunan, dan prinsip inklusi-eksklusi.
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang algoritma dan pemrograman, mulai dari tipe data dasar, struktur kontrol seperti perulangan dan percabangan hingga pemrograman modular, yaitu menggunakan fungsi dan prosedur. Mahasiswa akan mempelajari cara mendefinisikan variabel, menggunakan berbagai tipe data (seperti integer, float, string, dll.), serta memahami operasi dasar yang dapat dilakukan pada data tersebut. di akhir mata kuliah ini juga akan dikenalkan konsep fungsi dan prosedur untuk modularisasi kode yang membantu dalam meningkatkan keterbacaan, pemeliharaan, dan pengujian perangkat lunak.
Mata kuliah ini berfokus kepada pengenalan konsep bisnis proses yang menjadi fundamental dalam pengembangan perangkat lunak. Selain diperkenalkan prinsip bisnis proses dalam konteks pengembangan perangkat lunak dan hubungannya terhadap stakeholders dan organisasi yang akan mengembangkan perangkat lunak tersebut, diperdalam pula tahapan analisis proses bisnis baik secara kualitatif dan kuantitatif dengan metode-metode tertentu. Selain itu mata kuliah ini berfokus kepada tindak lanjut pengembangan proses bisnis dalam konteks business process reengineering dimana dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan organisasi, proses bisnis terus berkembang yang menuntut pengelolaan dan proses perancangan ulang proses bisnis yang lebih relevan, sehingga pengembangan perangkat lunak yang akan digunakan berdasarkan proses bisnis yang ada akan lebih relevan.
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak adalah mata kuliah yang bertujuan untuk mengenalkan konsep-konsep rekayasa perangkat lunak kepada mahasiswa tingkat 1 S1 Rekayasa Perangkat Lunak. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS dan dilaksanakan menggunakan flip classroom. Mahasiswa akan mendalami urgensi dan tujuan keilmuan rekayasa perangkat lunak dan area-area pengetahuan dalam badan ilmu rekayasa perangkat lunak.
Kode | Mata Kuliah | Deskripsi | Teori | Praktikum |
---|---|---|---|---|
UCKXADB2 | Bahasa Inggris | 2 | 0 | |
CCK1GAB2 | Statistika | 2 | 0 | |
CCK1HAB3 | Matematika Diskrit | 3 | 0 | |
CCK1IAB3 | Dasar Pemrograman Berorientasi Objek | 2 | 1 | |
CCK1JAB3 | Organisasi dan Arsitektur Komputer | 3 | 0 | |
CCK1KAB3 | Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak | 3 | 0 | |
CCK1LAB3 | Design Thinking | 3 | 0 | |
Total SKS Semester | 19 |
Matakuliah ini didesain menggunakan pendekatan tematik dan ditujukan membantu mahasiswa agar mampu berbicara dalam bahasa Inggris mengenai Global Career Readiness atau Kesiapan Berkarir Secara Global pada level intermediate high menurut kriteria ACTFL Performance Indicator for Language Learners. Sebagai konten untuk praktek berbahasa Inggris, mahasiswa akan belajar menjelaskan pengalaman dan pengetahuanya terkait program studi dan profesi atau karir yang mereka cita-citakan. Mahasiswa juga akan belajar mengenai cross- cultural understanding (CCU), khususnya budaya kerja dari berbagai negara. Tema besar untuk matakuliah ini adalah "My Dream Job Abroad". Topik-topik yang dipelajari untuk membekali mahasiswa agar dapat menjelaskan cita- citanya berkarir di luar negeri mencakup: hobi, ketertarikan, talenta, latar belakan memilih program studi tempat belajar, pengalaman sebagai mahasiswa pada program studi, berbagai macam profesi sesuai dengan program studi, negara impian, serta budaya kerja dari berbagai negara.
Mata kuliah Statistika merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang statistika deskriptif, materi yang akan diberikan adalah jenis- jenis data, ekplorasi data satu dimensi, dua dimensi dan multi dimensi serta eksplorasi data teks.
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang algoritma dan pemrograman, mulai dari tipe data dasar, struktur kontrol seperti perulangan dan percabangan hingga pemrograman modular, yaitu menggunakan fungsi dan prosedur. Mahasiswa akan mempelajari cara mendefinisikan variabel, menggunakan berbagai tipe data (seperti integer, float, string, dll.), serta memahami operasi dasar yang dapat dilakukan pada data tersebut. di akhir mata kuliah ini juga akan dikenalkan konsep fungsi dan prosedur untuk modularisasi kode yang membantu dalam meningkatkan keterbacaan, pemeliharaan, dan pengujian perangkat lunak.
Mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep pada object oriented programming (OOP), seperti class dan object, encapsulation, inheritance, polymorphism, interface, dan abstract class. Secara spesifik konsep-konsep tersebut akan dipelajari dengan bantuan bahasa pemrograman Java. Selain konsep OOP, pada mata kuliah ini juga akan dipelajari inner class, collectioon dan generics sebagai dasar pembangunan aplikasi berorientasi obyek. Selain itu akan dipelajari juga arsitektur MVC sebagai arsitektur standar dalam pembangunan aplikasi berorientasi obyek.
Program yang dibuat akan lebih optimal jika programmer tersebut memahami cara kerja perangkat keras komputer. Organisasi dan Arsitektur Komputer adalah mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa cara kerja perangkat keras komputer yang meliputi representasi bilangan, cara kerja Input/Output, sistem bus, RAM, harddisk dan jenis-jenis memori eksternal lainnya, serta cara kerja prosesor dalam arsitektur SAP dan MIPS.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bersifat wajib yang mempelajari disiplin ilmu yang mencoba menjawab permasalahan yang sering timbul ketika mengembangkan perangkat lunak. Lebih lanjut mata kuliah ini membahas tentang pentingnya proses penggalian, pendifinisian, analisis, hingga rancangan dari kebutuhan dalam rangkaian proses pengembangan perangkat lunak. Disiplin ilmu ini berkembang oleh karena massive-nya penggunaan perangkat lunak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mengacu kepada survey (oleh: Standish group) kepada 350 perusahaan di Amerika menunjukkan bahwa dari 8000 project pengembangan perangkat lunak hanya terdapat 16% yang dapat dikatakan sukses, dengan kecilnya success rate ini ditemukan bahwa penyebab utama rendahnya tingkat kesuksesan adalah kegagalan dalam proses penggalian, pendifinisian, analisis, hingga rancangan kebutuhan perangkat lunak. Berdasarkan fenomena tersebut, level of awareness untuk melakukan eksplorasi yang intensif terhadap bidang ilmu requirement engineering semakin berkembang. Oleh karena itu pada mata kuliah ini selain mempelajari konsep dasar requirement engineering, juga akan dilakukan eksplorasi terhadap state-of-the-art research trend yang meliputi metodologi, teknik, hingga tools yang digunakan pada disiplin ilmu requirement engineering.
Kode | Mata Kuliah | Deskripsi | Teori | Praktikum |
---|---|---|---|---|
CCK2AAB4 | Struktur Data | 3 | 1 | |
CCK2BAB2 | Analisis Kompleksitas Algoritma | 2 | 0 | |
CCK2CAB3 | Pemodelan Perangkat Lunak | 3 | 0 | |
CCK2DAB3 | Proses Perangkat Lunak | 3 | 0 | |
CCK2EAB2 | Keprofesian Rekayasa Perangkat Lunak | 2 | 0 | |
CCK2FAB4 | Arsitektur dan Desain Perangkat Lunak | 3 | 1 | |
UBKXBCB2 | Pancasila | 2 | 0 | |
Total SKS Semester | 20 |
Pada mata kuliah ini diajarkan berbagai macam struktur data yang dapat diimplementasikan dalam program komputer. Bahasan mencakup: Abstract Data Type (ADT), pointer, representasi struktur linear list dan primitif-primitifnya (array, linked list, variasi linked list, stack, queue) , representasi data non-linear dan primitif-primitifnya (tree, graph, multi linked list ), berupa proses insert, delete, traversal studi kasus lainnya.
Mata kuliah ini mempelajari tentang analisis kompleksitas waktu suatu algoritma dalam menyelesaikan persoalan tertentu. Mahasiswa diharapkan mampu merumuskan kelebihan dan kekurangan berbagai algoritma, menghitung kompleksitas waktu asimtotik untuk algoritma iteratif dan rekursif, dan mampu menerapkan algoritma yang tepat dari sisi efisien untuk persoalan tersebut.
Mata kuliah Pemodelan PL ditujukan mendokumentasikan analisis, desain dan evaluasi model dari permasalahan dan solusi berbasis perangkat lunak. Materi dalam perkuliahan ini terdiri dari dasar, prinsip, pengantar model matematis dan formal, jenis-jenis model (informasi, behavioral, architectural, domain modeling, enterprise modeling), dasar analisis modeling (form, correctness, dependability, formal). Diharapkan setelah perkuliahan ini mahasiswa dapat membuat model PL dari permasalahan dan solusi PL yang dapat dianalisis.
Mata kuliah Proses PL membahas pemilihan struktur untuk praktek rekayasa perangkat lunak yang benar dan efektif untuk tingkatan individu, tim dan organisasi. Pada umumnya mata kuliah ini membahas model proses untuk proses-proses software development life cycle. Mahasiwa diberikan materi terkait konsep proses, infrastruktur proses, modeling dan spesifikasi, perbaikan proses, pengantar analisis dan kendali kualitas, model daur hidup system engineering, tingkatan implementasi proses, daur hidup proses model, proses model individu, proses model tim, proses tailoring, pengantar perencanaan dan penelusuran proyek PL, pengantar Software Configuration Management dan pengantar evolusi proses PL. Diharapkan setelah mendapatkan mata kuliah ini mahasiswa dapat memilih proses perangkat lunak.
Mata kuliah ini memperkenalkan mahasiswa pada berbagai profesi dan wawasan tentang tanggung jawab juga peran profesional di bidang Rekayasa Perangkat Lunak, seperti Product Designer, IT Business Analyst, Front-end Developer, UI/UX Designer, Back-end Developer, DevOps Engineer, Software teser, Engineering Manager, dsj. Mahasiswa akan mempelajari profesionalisme, dinamika kelompok, interaksi sosial, serta kemampuan membaca dan memahami kode sumber. Selain itu, materi meliputi nilai-nilai komunitas, hukum, sertifikasi profesional, kode etik, akuntabilitas, teori teknologi, dan pelaporan etika juga akan disampaikan. Penilaian untuk memastikan pemahaman dan penerapan keterampilan yang dipelajari mencakup asesmen tertulis dan presentasi tugas besar.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bersifat wajib dan merupakan Bahan Kajian Utama dari mahasiswa sarjana Rekayasa Perangkat Lunak. Mata kuliah Arsitektur dan Desain PL ditujukan untuk membahas dasar-dasar dan mendesain arsitektur dan desain detail PL. Mahasiswa akan dibekali dengan Teknik-teknik, strategi, pemodelan dan pola desain untuk mengimplementasikan arsitektur PL ke dalam desain detail PL.
Pada mata kuliah ini mempelajari urgensi mempelajari pendidikan Pancasila untuk masa depan, membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri berdasar nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan dan menganalisis Pancasila dalam berbagai kajian.
Kode | Mata Kuliah | Deskripsi | T | P |
---|---|---|---|---|
CCK2GAB3 | Interaksi Manusia Komputer | 3 | 0 | |
CCK2HAB4 | Basis Data | 3 | 1 | |
CCK2IAB3 | Dasar Jaringan Komputer | 3 | 0 | |
CCK2JAC2 | Proyek Tingkat II | 2 | 0 | |
CCK2KAB4 | Konstruksi Perangkat Lunak | 3 | 1 | |
CCK2LAB3 | Kecerdasan Buatan | 3 | 0 | |
Total SKS Semester | 19 |
Mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan materi fundamental di rekayasa perangkat lunak. IMK merupakan mata kuliah yang mengajarkan mahasiswa tentang bagaimana Interaksi Manusia Komputer serta perannya dalam mewujudkan perangkat lunak yang tepat dan bermanfaat bagi penggunanya. Dalam mata kuliah ini juga disampaikan tentang tahap-tahap dalam proses perancangan antarmuka pengguna (User Interface/UI ) termasuk didalamnya pengujian usability, serta tren-tren desain UI yang terkini. Pada perkuliahan ini akan membekali mahasiswa S1 Rekayasa Perangkat Lunak berpikir analitiks dan logis.
PMata kuliah Basis Data ini membahas tentang sistem basis data relasional, dengan penggunaan ER Diagram sebagai alat pemodelan data, properti dan peran dari suatu transaksi, penggunaan SQL untuk mendefinisikan dan manipulasi data, serta penggunaan API untuk akses ke database. Dalam Mata kuliah ini, mahasiswa juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang pengaruh desain terhadap pada penggunaan indeks, view, sequence, join, dan trigger. Dengan adanya mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat desain database yang tepat serta menggunakannya dalam pembangunan perangkat lunak.
MMata kuliah ini memberikan pengetahuan terkait dasar jaringan komputer dan cara kerja Internet, yang akan berguna untuk mahasiswa sebagai pengguna jaringan, membangun sistem berbasis jaringan, maupun sebagai bekal untuk mempelajari aspek jaringan komputer lebih lanjut (misal: perancangan, analisis unjuk kerja, dll.). Prinsip, protokol, dan teknologi yang dipelajari adalah yang ada pada lapisan aplikasi, transport, internet, dan link di jaringan TCP/IP. Dipelajari pula beberapa perkembangan dan isu-isu penting di jaringan, contoh: jaringan nirkabel, software defined network, keamanan jaringan, dll.
Proyek Tingkat II bersifat Proyek Capstone yang ditarget untuk mengimplementasikan kompetensi inti yg sudah diajarkan dari mata kuliah dari semester 2 sampai semester 4. Mata kuliah yang dimaksud diantaranya adalah Requirement Engineering, Interaksi Manusia Komputer, Design Thinking, Pemodelan Perangkat Lunak, Proses Perangkat Lunak. Pada proyek tingkat II mahasiswa diharuskan menunjukan kemampuan dalam menerapkan aktivitas rekayasa kebutuhan, konstruksi, dan perancangan arsitektur, data, serta antarmuka pengguna melalui pemodelan dan kontrol terhadap proses yang terdisiplin dan terukur.
Mata kuliah Konstruksi Perangkat Lunak, bertujuan untuk memperkenalkan konsep konstruksi perangkat lunak di tngkat sarjana rekayasa perangkat lunak. Kuliah ini membahas konsep fundamental, manajemen, pertimbangan praktis, teknologi, dan tools yang dapat digunakan untuk melakukan konstruksi perangkat lunak yang baik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan mengenai teknik- teknik, standar, dan environment yang ada dalam konstruksi perangkat lunak. Dengan adanya kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi, standar, dan tools yang sesuai untuk kasus konstruksi perangkat lunak yang berbeda-beda
Mata Kuliah Kecerdasan Buatan mempelajari tiga teknik dalam membangun kecerdasan mesin, yaitu Searching, Reasoning, dan Learning. Setiap teknik dan metode diajarkan secara proporsional, antara teori dan implementasi algoritma. Pembahasan teori dilakukan secara umum, mulai dari motivasi, ide dasar, perbedaan antar teknik dan metode yang ada, hingga desain dan implementasinya secara detail melalui sejumlah studi kasus.
Kode | Mata Kuliah | Deskripsi | T | P |
---|---|---|---|---|
UCKXBDB2 | Kewirausahaan | 2 | 0 | |
CCK3AAB3 | Pemrograman Perangkat Bergerak | 2 | 1 | |
CCK3BAB3 | Manajemen Proyek | 3 | 0 | |
CCK3CAB3 | Pengalaman Pengguna (UX) | 3 | 0 | |
CCK3DAB3 | Perancangan dan Pemrograman Web | 2 | 1 | |
CCK3EAB2 | Wawasan Global TIK | 2 | 0 | |
CCK3FAB3 | Penjaminan Mutu Perangkat Lunak | 3 | 0 | |
Total SKS Semester | 19 |
Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa yang memiliki ambisi untuk memulai bisnis mereka sendiri dengan mempelajari konsep dasar kewirausahaan; merealisasikan inovasi dan pengembangan ide dengan menyusun business plan; memahami cara kerja bisnis dalam ekonomi digital, bernegosiasi (proses pitching), bertanggung jawab (menyusun laporan keuangan); relasi usaha yang meliputi implementasi dan evaluasi business plan serta mengikuti market day.
Pada mata kuliah pemrograman mobile memperkenalkan konsep-konsep dasar dan teknik-teknik yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Mahasiswa akan mempelajari platform-platform populer seperti Android dan iOS, serta menggunakan bahasa pemrograman Flutter. Melalui kuliah ini, mahasiswa akan memahami prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna, pengelolaan data, integrasi fitur-fitur seperti sensor dan lokasi, serta pengujian aplikasi mobile. Praktikum intensif juga menjadi bagian integral dari pembelajaran, memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keahlian praktis dalam menghasilkan aplikasi mobile yang inovatif dan berkinerja tinggi. Mata kuliah ini bersifat Project Based.
Manajemen Proyek merupakan mata kuliah yang memfasilitasi pembelajaran terkait area pengetahuan manajemen proyek sebagai aktualisasi dari proses rekayasa perangkat lunak dalam rangka memenuhi konteks lingkup proyek, waktu/jadwal proyek, dan biaya proyek. Mata kuliah ini menguraikan lima fase manajemen proyek (inisiasi, perencanaan, eksekusi, monitoring dan pengendalian, serta penutupan) dengan titik tekan pada inisiasi dan perencanaan. Sementara itu, area pengetahuan yang diakomodasi dalam proses pembelajaran meliputi manajemen ruang lingkup, manajemen waktu/jadwal, manajemen biaya, manajemen kualitas, manajemen sumber daya manusia, manajemen komunikasi, manajemen risiko, manajemen pengadaan, manajemen pemangku kepentingan, dan manajemen integrasi dalam proyek perangkat lunak.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bersifat wajib dan merupakan satu diantara beberapa mata kuliah inti di Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak. Mata kuliah Pengalaman Pengguna (User Experience) dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teori dan praktik desain yang berpusat pada manusia. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan untuk merancang aplikasi interaktif yang responsif terhadap kebutuhan pengguna dalam berbagai konteks. Melalui berbagai metode dan teknik desain, mahasiswa akan belajar bagaimana mengembangkan solusi yang tidak hanya fungsional tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang optimal dan inklusif..
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang arstitektur web, pemrograman web dasar, teknologi yang mendukung pemrograman web, dan pemrograman web lanjut dengan framework.Mata kuliah ini membahas pengembangan aplikasi web dengan bahasa seperti HTML, CSS, JavaScript dan NodeJS beserta framework seperti Bootstrap, Laravel dan ReactJS. Topik utamanya termasuk desain responsif, penggunaan API, keamanan web, dan optimisasi kinerja. Mahasiswa mempelajari teori dan praktek, dengan fokus pada membangun aplikasi web dari sederhana hingga kompleks. Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep dasar dan keterampilan praktis
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bersifat wajib di program studi Software Engineering yang membahas perkembangan terbaru dalam teknologi informasi. Mahasiswa akan mempelajari dampak teknologi terhadap masyarakat global dan tantangan yang dihadapi industri. Kursus ini menekankan pentingnya inovasi dan adaptasi dalam era digital, serta mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang berwawasan luas di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Mata Kuliah Penjaminan Mutu Perangkat Lunak (Software Quality Assurance) merupakan mata kuliah yang mempelajari seluruh tahapan dalam proses pembangunan Perangkat Lunak untuk memastikan agar produk Perangkat Lunak yang dihasilkan memenuhi kriteria kualitas sebuah standar. Pada Mata Kuliah ini dipelajari konsep kualitas, model, metric dan standar yang digunakan dalam penjaminan mutu perangkat lunak. Dan dipelajari juga tentang dasar pengujian perangkat lunak (software testing) yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari proses penjaminan mutu perangkat lunak (software quality assurance).
Kode | Mata Kuliah | Deskripsi | Teori | Praktikum |
---|---|---|---|---|
UBKXCCB2 | Bahasa Indonesia | 2 | 0 | |
CCK3GAB4 | Pengujian Perangkat Lunak | 3 | 1 | |
CCK3HAB2 | Metode Formal | 2 | 0 | |
CCK3IAB2 | Tata Tulis Ilmiah | 2 | 0 | |
CCK3JAB2 | Bahasa Inggris : writing and speaking | 2 | 0 | |
CCK3KAB3 | Manajemen Konfigurasi dan Evolusi Perangkat Lunak | 3 | 0 | |
CCK3LAB3 | Sistem Operasi | 2 | 1 | |
CCK3MAC2 | Proyek Tingkat III | 2 | 0 | |
Total SKS Semester | 20 |
Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib kurikulum yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa secara terbimbing dalam menulis karya ilmiah dan mempresentasikannya dengan baik, dimulai dari penulisan kata baku, pemakaian tanda baca, penulisan unsur serapan, penyusunan definisi, penyusunan kalimat dan paragraf, pemilihan topik, penyusunan kerangka, penyusunan karya ilmiah, penerapan konvensi karya tulis ilmiah, dan persiapan presentasi.
Mata Kuliah Pengujian Perangkat Lunak ditujukan untuk mengenalkan mutu perangkat lunak dan bagaimana mengevaluasinya dengan berbagai teknik pengujian. Kuliah ini akan membahas tentang teknik review untuk perangkat lunak non-executable, teknik pengujian black/white box untuk perangkat lunak executable, teknik pengembangan test-case, serta berbagai macam testing level. Dengan adanya kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menerapkan pengujian perangkat lunak agar dapat memenuhi sasaran mutunya..
Pada mata kuliah ini, mahasiswa diperkenalkan pada paradigma formal dalam proses rekayasa perangkat lunak. Mahasiswa akan mempelajari konsep dan prinsip dasar dari metode formal yang digunakan untuk meningkatkan keandalan dan ketepatan perangkat lunak. Selain itu, mereka akan belajar bagaimana menjelaskan konteks penggunaan pendekatan formal dalam berbagai tahap pengembangan perangkat lunak. Mahasiswa juga diharapkan mampu menerapkan teknik-teknik terkait dan menggunakan perangkat pendukung yang sesuai dalam proses rekayasa perangkat lunak, sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih terjamin kualitasnya.
Mata kuliah ini mempelajari tata tulis ilmiah dan teknik presentasinya untuk bidang informatika, khususnya rekayasa perangkat lunak. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa memperoleh wawasan dan mengaktualisasikan proses identifikasi masalah, argumentasi solusi, argumentasi metode, dan penyajian hasil penelitian. Dengan menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menghasilkan artikel ilmiah (khususnya laporan tugas akhir) yang mempunyai tata tulis yang baik, membuat paparan serta mempresentasikannya. Pada kuliah ini pula, mahasiswa dikenalkan dengan ekosistem publikasi ilmiah, termasuk korelasi proses bisnis penelitian sebagai hulu dan publikasi ilmiah sebagai hilir.
Matakuliah ini didesain menggunakan pendekatan tematik dan ditujukan membantu mahasiswa agar mampu berbicara dalam bahasa Inggris mengenai Global Career Readiness atau Kesiapan Berkarir Secara Global pada level intermediate high menurut kriteria ACTFL Performance Indicator for Language Learners. Sebagai konten untuk praktek berbahasa Inggris, mahasiswa akan belajar menjelaskan pengalaman dan pengetahuanya terkait program studi dan profesi atau karir yang mereka cita-citakan. Mahasiswa juga akan belajar mengenai cross- cultural understanding (CCU), khususnya budaya kerja dari berbagai negara. Tema besar untuk matakuliah ini adalah "My Dream Job Abroad". Topik-topik yang dipelajari untuk membekali mahasiswa agar dapat menjelaskan cita- citanya berkarir di luar negeri mencakup: hobi, ketertarikan, talenta, latar belakan memilih program studi tempat belajar, pengalaman sebagai mahasiswa pada program studi, berbagai macam profesi sesuai dengan program studi, negara impian, serta budaya kerja dari berbagai negara.
Mata kuliah Software Evolution and Configuration Management bertujuan untuk memperkenalkan konsep-konsep pemeliharaan dan manajemen konfigurasi perangkat lunak. Pada bagian pertama mata kuliah ini, mahasiswa akan diperkenalkan konsep pemeliharaan perangkat lunak seperti klasifikasi, proses, dan teknik pemeliharaan perangkat lunak. Bagian kedua mata kuliah ini membahas mengenai konsep manajemen konfigurasi perangkat lunak seperti change control dan release management. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman bagaimana evolusi dan manajemen konfigurasi perangkat lunak dilakukan.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib. Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang bagaimana sumberdaya komputer (CPU, memori, I/O) dikelola oleh sistem operasi guna memenuhi keinginan user dalam menjalankan program. Mahasiswa diajarkan konsep-konsep dasar pada sistem opeasi seperti: proses, penjadwalan, virtual memory, virtual machine dan keamanan. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa akan mempunyai gambaran lengkap bagaimana sistem operasi bekerja dan mengelola sumber daya secara lengkap. Mahasiswa juga diharapkan untuk dapat membuat program sederhana pada sistem operasi.
MMata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bersifat wajib dan merupakan Capstone Project. Mata kuliah Proyek Tingkat III ditujukan untuk mengimplementasikan spesifikasi kebutuhan dan desain dari hasil Proyek Tingkat II dengan menggunakan keilmuan dan mata kuiah-kuliah terkait pada sarjana Rekayasa Perangkat Lunak sampai dengan semester 6. Target pada Proyek Tingkat III adalah implementasi, pengujian dan penerapan jaminan kualitas perangkat lunak, termasuk mendokumentasikan hasil dari proses-proses terkait.
Kode | Mata Kuliah | Deskripsi | Teori | Praktikum |
---|---|---|---|---|
CCK4AAB2 | Teknologi Perangkat Lunak Untuk Masyarakat | 2 | 0 | |
CCK4BAB3 | Kerja Praktik | 3 | 0 | |
CCK4CAB2 | Penulisan Proposal | 2 | 0 | |
UBKXACB2 | Kewarganegaraan | 2 | 0 | |
MK MBKM I/Pilihan I | 3 | 0 | ||
MK MBKM II/Pilihan II | 3 | 0 | ||
Total SKS Semester | 15 |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang bersifat wajib, di mana mahasiswa program studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi perangkat lunak dalam konteks nyata masyarakat. Sebagai bagian integral dari tridharma perguruan tinggi, mata kuliah ini tidak hanya menekankan pada aspek akademis, tetapi juga pada pengabdian kepada masyarakat, memungkinkan mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif dan memperkuat hubungan antara universitas dan komunitas luas.
Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar tentang kewarganegaraan Indonesia meliputi definisi, pengembangan sikap positif, semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara, Integrasi nasional, norma konstitusional, UUD NRI tahun 1945 dan ketentuan hukum tertentu, hak dan kewajiban, demokrasi, wawasan nusantara kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara, Integrasi nasional, norma konstitusional, UUD NRI tahun 1945 dan ketentuan hukum tertentu, hak dan kewajiban, demokrasi, dan wawasan nusantara.
Kode | Mata Kuliah | Deskripsi | Teori | Praktikum |
---|---|---|---|---|
CCK4DAA4 | Tugas Akhir | 4 | 0 | |
MK MBKM III/Pilihan III | 3 | 0 | ||
MK MBKM IV/Pilihan IV | 3 | 0 | ||
MK MBKM V/Pilihan V | 3 | 0 | ||
Total SKS Semester | 13 |
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia
Telp | : 0281-641629 |
Email Official | : info@telkomuniversity.ac.id |
Copyright ©2024 All Rights Reserved By Telkom University